Saturday 26 January 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Menurut saya, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah suatu rencana yang digunakan untuk mengkondisikan kelas dimana sangat berguna bagi guru dan siswa dalam belajar. RPP memuat tujuan belajar di kelas dan cara-cara sistematis yang disusun guru untuk membuat siswanya mengalami pengalaman belajar yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan alokasi waktu yang ada.

Ini coppy-an dari Workshop Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Matematika PGSD oleh Pak Wahyudi 
RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar isi dan telah dijabarkan dalam silabus (PP No 19 tahun 2005 Pasal 20 dan Permendiknas 41 tahun 2007)
Lingkup RPP paling luas mencangkup 1 KD yang terdiri dari satu atau lebih indikator untuk satu kali pertemuan atau lebih.


Sejauh pengamatan ku, di dalam RPP, biasanya memuat identitas seperti nama sekolah, nama mata pelajaran, pokok bahasan, kelas/semester, dan alokasi waktu. Pada RPP ada standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, pendekatan serta metode, media dan sarana prasarana, pengorganisasian kelas, kegiatan pembelajaran. sumber, serta penilaian.

Kegiatan pembelajaran terbagi menjadi tiga bagian yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. susunan yang baik pada kegiatan pembelajaran akan membuat kelas terasa lebih efektif dan menyenangkan.

RPP sebenarnya sangat bermanfaat bagi guru, tetapi masih ada saja guru yang tidak membuat RPP. Tapi kog bisa ya kelasnya tetap berjalan?
Coba bayangkan jika guru tersebut tidak mempersiapkan materi, tidak mempersiapkan media, akankah kelasnya berjalan? mungkin semuanya spontanitas
Apakah kelas akan terasa aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan? mungkin saja
Apakah di kelas ada Eksporasi, Elaborasi, Kooperasi? mungkin

Saya akan mencoba berbagi RPP yang pernah saya buat. Kebanyakan RPP saya berbahasa Inggris karena tuntutan kuliah. Tetapi sekarang kan sudah ada Google translate jadi, semoga bisa membantu.

Silakan unduh

No comments:

Post a Comment